10 Tanda Sapi Pasti Bunting Yang Wajib Peternak Ketahui

Medanternak – Mendapatkan keturunan/anak dari sapi betina yang telah dikawinkan merupakan harapan para pemilik sapi. Di Indonesia, umumnya sapi dikawinkan dengan cara alami dan kawin suntik. Apabila perkawinan berhasil dilakukan, dalam beberapa bulan sapi akan mengalami kehamilan. Sapi yang mengalami kebuntingan biasanya akan menunjukkan beberapa tanda-tanda pada penampilan fisiknya. Berikut tanda sapi bunting yang wajib diketahui oleh para peternak.

Ciri-Ciri Sapi Bunting

Ciri-Ciri Sapi Bunting

Sebagai pemilik sapi betina, anda harus mengetahui ciri-ciri atau tanda sapi bunting agar bisa mempersiapkan dan mengetahui tindakan selanjutnya yang sekiranya diperlukan. Sapi betina yang bunting sama halnya seperti wanita yang sedang hamil, mereka juga memerlukan perawatan lebih atau perlakuan ekstra dalam menghadapi masa-masa bersalin.

Berikut ini ciri-ciri sapi bunting:

  1. Hasil positif pada tes palpasi rektal.
  2. Pembesaran abdomen kanan secara progresif.
  3. Terjadinya anestrus.
  4. Peningkatan berat badan.
  5. Adanya gerakan fetus.
  6. Gerakan sapi melambat.
  7. Bulu sapi mengkilat.
  8. Temperamen sapi menjadi lebih teratur.
  9. Pembesaran kelenjar air susu.
  10. Hasil positif dengan tes asam sulfat.

Baca juga: Penyebab Sapi Majir/Mandul.

Hasil Positif Pada Tes Palpasi Rektal

Palpasi rektal biasanya dilakukan paling cepat 3 bulan setelah perkawinan baik secara alami maupun IB(Inseminasi Buatan). Teknik palpasi rektal membutuhkan keterampilan khusus karena pemeriksa diharuskan untuk meraba dan merasakan bagian-bagian internal sapi betina seperti ovarium, uterus, pembuluh darah uterus dan lain-lain melalui pemeriksaan lewat inlet pelvis lalu menggerakkan tangan ke berbagai sisi.

Berikut ini teknik palpasi rektal secara ringkas :

  • Pemeriksa memakai pakaian praktek lapangan berlengan pendek, sarung tangan plastik, dan sepatu boot.
  • Kuku pemeriksa tidak boleh tajam, harus rata dan tidak boleh memakai perhiasan apapun.
  • Pemeriksaan boleh dilakukan dengan tangan kanan atau kiri(kidal).
  • Sarung tangan plastik harus dilicinkan dengan sabun.
  • Pemeriksaan harus waspada terhadap sepakan (tendangan) kaki sapi yang biasanya terjadi saat aktu tangan dimasukkan ke dalam rectum.
  • Tangan dimasukkan kedalam rectum dalam bentuk mengerucut dan diteruskan sampai melampaui organ reproduksi. Apabila feses banyak maka perlu dikeluarkan terlebih dahulu.
  • Rasakan setiap perubahan-perubahan pada organ reproduksi sapi.

Sebelum melakukan Inseminasi Buatan (IB), petugas sebaiknya melakukan palpasi rectal terlebih dahulu untuk mengetahui lebih jauh tentang status estrus dan kondisi pada uterus. Karena jika ternayata di dalam uterus telah terdapat fetus maka jika di IB akan menyebabkan abortus.

Pembesaran Abdomen Kanan Secara Progresif

Pembesaran pada abdomen sebelah kanan dapat terlihat jelas dengan mata telanjang. Hal ini dikarenakan mulai terbentuknya janin yang menempati rongga perut di sebelah kanan sehingga membuat badan induk sapi membesar agar tersedia ruang yang cukup bagi calon anak yang sedang tumbuh di dalamnya.

Terjadinya Anestrus

Sapi yang sedang bunting atau mengandung biasanya sudah tidak ingin dikawini lagi oleh pejantan. Masa di mana sapi bunting dan tidak ingin melakukan perkawinan dengan para pejantan dikenal dengan masa anestrus atau absennya aktivitas seksual.

Peningkatan Berat Badan

Apabila sapi betina mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, namun sapi tersebut tidak menunjukkan adanya gejala penyakit atau hal-hal lain yang berpotensi menyebabkan sapi mengalami kenaikan berat badan seperti menjalani proses penggemukan, maka bisa dipastikan sapi dalam kondisi bunting. Hal ini terjadi karena adanya janin yang berkembang di dalam perut sapi betina tersebut.

Adanya Gerakan Fetus

Tanda ini merupakan salah satu ciri khas yang terjadi pada hampir semua makhluk hidup. Para makhluk hidup yang sedang mengandung anak pasti fetusnya akan bergerak-gerak bahkan saat ada di dalam uterusnya. Dengan demikian, apabila kamu meraba pada bagian perutnya yang dekat dengan uterus dan terasa ada gerakan-gerakan tertentu, bisa jadi itu merupakan fetus atau bakal anak yang sedang tumbuh di dalam uterus sang sapi.

Gerakan Sapi Melambat

Adanya janin di dalam tubuhnya akan membuat gerakan sang induk jadi lebih lambat daripada biasanya. Hal ini wajar mengingat selain tubuhnya menjadi lebih berat, apabila dia bergerak terlalu tiba-tiba atau mendadak dapat mengakibatkan luka pada janin serta dirinya sendiri. Oleh karena itu sapi yang sedang bunting otomatis menjaga gerakanya sehingga kadang terlihat malas bergerak.

Bulu Sapi Mengkilat

Sapi betina yang sedang bunting biasanya akan memiliki bulu yang lebih mengkilat bila dibandingkan kondisi sebelumnya. Ciri-ciri ini memang agak sulit untuk diamati terutama apabila kamu tidak pernah dengan teliti melihat bagaimana penampakan dari bulu sapi yang kamu miliki saat kondisi normalnya. Namun ciri ini dapat menjadi salah satu patokan bagi si pemilik sapi yang sudah biasa merawatnya.

Temperamen Sapi Menjadi Lebih Teratur

Sapi yang bunting akan mengalami banyak perubahan hormon. Salah satunya dapat membuat prilaku sapi jadi lebih tenang dari biasanya. Memang pada kondisi tertentu sapi bisa menjadi agresif terutama saat dipaksa kawin. Namun secara umum sapi akan menjadi lebih tenang pada saat dia tidak mengandung.

Pembesaran Kelenjar Air Susu

Sapi yang mengalami kebuntingan akan mengalami pembesaran kelenjar susu secara progresif. Pembesaran ini tentunya untuk menyiapkan asupan nutrisi yang nanti akan diperlukan oleh anak sapi. Apabila kelenjar air susu yang dimiliki oleh sapi betina anda membesar, kemungkinan besar dia sedang mengalami kebuntingan. Namun demikian, ada potensi pembesaran kelenjar air susu terjadi karena pembengkakan di sekitar jaringan kelenjar air susu.

Hasil Tes Positif Dengan Tes Asam Sulfat

Penggunaan asam sulfat untuk deteksi kehamilan pada sapi dapat dijadikan salah satu cara pendekteksi kehamilan yang murah dan mudah untuk dilakukan tanpa harus memiliki keterampilan khusus. Anda cukup menyediakan alat tes pack yang bisa diperoleh dari berbagai marketplace seperti alibaba.com.

Itulah 10 tanda sapi bunting yang harus kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat berguna bagi para peternak sapi di Indonesia, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *