Sapi Madura Sang Bintang Pacuan Karapan Sapi Dari Indonesia

MedanternakSapi Madura adalah hibrida lokal asli Indonesia. Sapi ini merupakan hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus (sapi zebu) yang secara genetik memiliki sifat toleran terhadap iklim panas serta tahan terhadap serangan penyakit.

Habitat asli sapi ini di Jawa Timur khususnya di pulau Madura. Kontribusi mereka cukup besar yaitu 24% dari kebutuhan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.

Selain sebagai sapi potong, mereka juga digunakan sebagai alat transportasi di pedalaman. Untuk yang berjenis kelamin jantan digunakan sebagai jago karapan sapi dalam tradisi masyarakat di Madura.

Gambar Sapi Madura

Sapi Madura Juara Karapan Sapi

Karapan sapi merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura. Bagi masyarakat di sana, karapan sapi tidak hanya sekedar pesta rakyat atau acara tahunan yang diwarisi secara turun temurun. Seperti yang tertera di antaranews, karapan sapi ini bagi masyarakat Madura adalah bentuk symbol prestise yang dapat mengangkat harkat dan martabat.

Ciri-Ciri Sapi Madura

Berikut adalah ciri-ciri sapi balapan ini:

  • Jantan maupun betina berwana cokelat terang.
  • Tanduk pendek beragam, pada jantan berukuran 15 s.d 20 cm, sedangkan betina kecil dan pendek sekitar 10 cm.
  • Bagian bawah kaki berwarna putih.
  • Panjang badan mirip sapi bali tetapi memiliki punuk walaupun berukuran kecil.

Keunggulannya

Beberapa Keistimewaan sapi ini yaitu:

  • Mudah dalam pemeliharaan.
  • Produktivitas cukup tinggi.
  • Tahan terhadap berbagai penyakit.
  • Gampang beradaptasi dengan lingkungan.
  • Kualitas daging cukup baik dengan persentase krakas yang tinggi.

Warna daging sapi ini merah cerah, empuk, berserat halus, dan rendah lemak. karkas (berat daging sapi tanpa kepala, kaki, jeroan, dan kulit) daging sapi lomba ini mencapai 48% dari total berat sapi.

Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Sapi, Kerbau, dan Banteng Yang Paling Jelas Terlihat.

Kelemahannya

Dengan berbagai keunggulan tersebut, sapi ini banyak diminati oleh para peternak bahkan para peneliti dari negara lain. Sudah banyak hasil budidaya sapi ini yang dikirim ke daerah lain.

Untuk menjaga kemurnian ras sapi lokal tersebut, penyebarannya harus diperhitungkan dengan baik agar populasinya pada habitat aslinya tetap terjaga. Salah satu kelemahan sapi ini adalah populasinya yang kian menipis sehingga sulit untuk mendapatkan bibitnya.

Harga Sapi Madura

Harga sapi ini yang berhasil kami dapatkan dari pedagang di pasar hewan yaitu usia 2 tahun mulai dari Rp 4,5 juta dan indukan dewasa Rp 11 juta. Khusus untuk sapi yang berhasil menang lomba bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah. Wah pasti bangga banget tuh jurangan yang memiliki sapi jagoan tersebut.

Tinggalkan komentar