Ternak Sapi Limosin Raksasa Yang Populer di Indonesia

MedanternakSapi Limosin aslinya berasal dari Prancis. Sapi ini awalnya merupakan hewan penarik gerobak, namun kini dijadikan sapi potong karena memiliki rangka dan postur tubuh yang besar sehingga bernilai jual tinggi. Limosin merupakan salah satu jenis ternak sapi termahal dan terpopuler di Indonesia.

Gambar Ternak Sapi Limosin Raksasa Yang Populer di Indonesia

Sapi Limosin Target Pilihan Qurban Para Artis dan Presiden

Nama sapi ini semakin terkenal, terutama saat presiden Jokowi memilih sapi Limosin yang berbobot 1,7 ton untuk menjadi hewan kurban seperti yang tertera di harian detik. Limosin merupakan salah satu sapi raksasa yang bisa mencapai bobot lebih dari 1 ton.

Ciri-Ciri Sapi Limosin

Sapi ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bulu berwarna kecoklatan, sedikit lebih terang di bagian perut, belakang paha, sela-sela tungkai, di anus, di sekitar testis atau ambing, dan ujung ekor.
  • Tidak adanya warna putih pada tubuh dan tanpa bintik atau pigmentasi, dengan selaput lendir merah muda.
  • Kepala pendek, dahi dan moncong lebar dan berwarna lebih terang di sekitar mata dan moncong.
  • Tanduk halus melengkung ke depan dan sedikit terangkat di ujung (jika ada).
  • Tanduk dan kuku berwarna lebih terang.
  • Berotot baik, leher pendek, dada kekar, pinggul lebar.
  • Kulit halus dan lembut.

Keunggulan

Beberapa keunggulan sapi Limosin ini yaitu:

  • Memiliki pertumbuhan yang cepat dibanding dengan jenis sapi lainnya.
  • Ukuran badannya lebih panjang dari jenis sapi lain sehingga mempunyai daging yang lebih banyak.
  • Memiliki kualitas daging yang tinggi.
  • Waktu untuk penggemukan lebih cepat.
  • Lebih tahan terhadap penyakit.

Tingginya harga daging sapi dan banyaknya permintaan konsumen merupakan sebuah peluang bagi usaha penggemukan sapi ini. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha ternak sapi Limosin adalah sebagai berikut.

Kandang Sapi

Usaha penggemukan sapi ini lebih cocok menggunakan kandang tunggal. Sapi yang memiliki ukuran tubuh jumbo ini otomatis memerlukan ukuran kandang yang lebih luas. Pembuatan kandang ini tergantung lingkungan peternakan sapinya. Apakah di dataran rendah atau dataran tinggi? Agar lebih jelas silahkan pelajari cara membuat kandang sapi modern ini.

Salah satu fungsi kandang yang harus dimiliki yaitu bisa melindungi sapi dari cuaca maupun maling ternak. Peternak harus rutin membersihkan kandang, Dengan sanitasi yang baik diharapkan akan menghindarkan sapi dari penyakit.

Pakan Sapi

Untuk penggemukan sapi ini kita memberikan pakan sebanyak 4 kali dalam sehari. Prinsipnya penggemukan yaitu makannya harus banyak.

Pakan rumput hijauan yang diberikan yaitu rumput gajah, rumput odot dan pakchong. Selain itu juga bisa diberikan limbah pertanian seperti jeramin padi, jerami jagung, ampas tahu dan ampas kelapa. Kalau mau cepat gemuk biasanya diperlukan pakan tambahan berupa konsentrat.

Pakan sapi terbaik untuk adalah kombinasi berbagai macam sumber makanan yang bernutrisi tinggi.

Perawatan

Salah satu perawatan rutin yang perlu dilakukan dalam ternak sapi Limosin ini antara lain yaitu memberikan vaksin dan antibiotik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatannya agar tidak sakit. Walaupun sapi ini tergolong tahan penyakit namun lebih baik jangan mengambil resiko. Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Dalam masa perawatan bisa diberikan obat cacing, antibiotik, maupun vaksin secara berkala. Usahakanlah rutin membersihkan kotoran di kandang, tindakan ini diperlukan untuk menjaga kesehatan sapi dan lingkungan. Selain itu, peternak juga harus rutin memotong kuku sapi, karena kuku yang panjang membuat kakinya tidak nyaman dan merasa sakit. Pada saat cuaca cerah, mandikan mereka untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Harga Sapi Limosin

Harga sapi Limosin F1 terpantau cukup mahal di pasaran. Harga kilo hidup limosin dewasa Rp 45.000/Kg, dan harga anakannya lebih tinggi lagi yaitu mencapai Rp 60.000/Kg.

Baca juga: Begini Caranya Memulai Usaha Ternak Sapi Dengan Mudah.

Pasaran bibit sapi ini berkisar antara Rp 12 juta – Rp 16 juta. Harga anakan jantan lebih mahal daripada betina, sebab yang jantan dipercaya memiliki pertumbuhan daging yang lebih cepat dibandingkan betina. Anakan sapi dengan corak dan postur bagus lebih tingi lagi, seekor anakannya yang bagus bisa sama dengan harga indukan sapi Brahman. Bahkan harga sapi Limosin dengan berat 1 ton lebih ada yang mencapai 80 juta rupiah.

Semoga informasi kami di atas bisa membantu anda yang ingin membudidayakan sapi ini.

Tinggalkan komentar