3 Cara Sederhana Agar Induk Sapi Cepat Birahi Ala drh. Risa Isna Fahziar

Medanternak – Hal yang paling diinginkan pembudidaya sapi di Indonesia adalah bagaimana setelah melahirkan indukan tetap dalam kondisi sehat, pedet juga sehat dan secepat mungkin induk kembali birahi. Peternak tentu ingin segera mengawinkan induk sapinya kembali agar dia kembali bunting. Kita akan menjelaskan cara agar sapi cepat birahi yaitu dengan:

  1. Melakukan tindakan Post Partus.
  2. Menyediakan pakan bernutrisi.
  3. Memberikan antibiotik.

Cara di atas sudah dibuktikan dan hasilnya sangat bagus. Jarak sapi birahi setelah melahirkan hanya 46 hari, meskipun sebelumnya sapi tersebut melahirkan dalam keadaan yang sangat sulit. Dimana kondisinya sampai berdarah-darah dan banyak luka dirahimnya.

Gambar Cara Sapi Agar Cepat Birahi Setelah Melahirkan

Cara Membuat Induk Sapi Cepat Birahi

Pada awalnya, ukuran rahim induk sapi panjangnya hanya 25 cm dengan berat 1 Kg. Setelah indukan bunting, rahim akan semakin meluas. Pada saat kebuntingan menanjak 9 – 10 bulan, ukuran rahimnya bisa mencapai  1 meter dengan berat 10 kg.

Di sini dapat diartikan bahwa telah terjadi perubahan pada rahim yang membesar dan juga peningkatan fungsinya. Ketika induk bunting, rahim akan menjaga kandungannya agar tetap dalam kondisi sehat.

Setelah terjadi proses melahirkan, maka yang akan terjadi adalah proses kembalinya uterus pada keadaan sebelum hamil setelah melahirkan(involusi uterus).

Apabila proses ini berjalan dengan baik, benar dan tidak terjadi infeksi, maka fase birahi yang selanjutnya akan terjadi lebih cepat.

Baca juga: Cara Menghasilkan Pedet Setiap Tahun.

Normalnya proses involusi uterus terjadi selama 45 – 50 hari setelah induk melahirkan, jika lebih dari itu bisa jadi merupakan pertanda ada masalah pada sistem reproduksinya.

Gangguan reproduksi pada sapi pasca melahirkan biasanya disebabkan oleh 2 hal, yaitu:

  1. Masalah infeksi.
  2. Masalah nutrisi.

Melakukan Tindakan Post Partus

Tindakan post partus adalah memanggil dokter/mantri untuk memastikan apa yang dibutuhkan oleh indukan. Jika ada pendarahan, infeksi, dan demam maka petugas kesehatan hewan tersebut akan melakukan treatment yang diperlukan untuk mengatasinya.

Tujuan melakukan tindakan Post Partus ini ialah agar bagaimana treatment ini dapat mencegah terjadinya infeksi sehingga tidak mengganggu siklus reproduksi indukan.

Sebagai informasi tambahan, Plasenta atau ari-ari anakan harus keluar dalam waktu 24 jam. Apabila lewat dari 12 jam, peternak wajib untuk merogohnya agar bisa dikeluarkan.

Menyediakan Pakan Yang Bernutrisi

Induk yang baru melahirkan tentu sedang dalam kondisi lemah. Oleh karena itu, mereka membutuhkan asupan pakan bergizi tinggi yang cukup.

Makanan sapi biar cepat gemuk dan sehat kembali adalah pakan bernutrisi lengkap yang terdiri dari hijauan, comboran, vitamin dan mineral. Pakan bergizi tersebut akan membantu memulihkan kondisi indukan setelah pasca melahirkan.

Pemberian mineral jangan disepelekan karena sangat dibutuhkan oleh induk sapi, sebab mineral merupakan sumber bahan pembentukan kolostrum yang penting bagi sang anak.

Memberikan Antibiotik

Langkah terakhir adalah pemberian antibiotik berspektrum luas, contohnya seperti Trymezyn. Antibiotik Ini dimasukkan ke dalam rahim indukan setelah siap melahirkan.

Anda wajib menyediakan antibiotik ini di peternakan sebagai persiapan apabila mantri atau petugas kesehatan hewan yang membantu proses melahirkan tidak membawanya.

Ada sebuah penelitian mengenai pemberian antibiotik ke dalam uterus, hasilnya ternyata bisa mempercepat terjadinya involusi uterus yang otomatis bisa menekan terjadinya infeksi.

Ada sebagian peternak yang menggunakan obat kesuburan sapi alami seperti kecambah dan ramuan empon-empon. Manfaat kecambah untuk sapi ini sangat bagus untuk kesuburan, karena kaya akan vitamin E. Sebaiknya gunakan bahan alami dan hindari penggunaan bahan kimia untuk hewan ternak anda.

Setelah semua tindakan tersebut dilakukan dan semua nutrisi terpenuhi, maka proses birahi akan terjadi lebih cepat. Oh ya, sapi betina tidak boleh kurus tetapi juga jangan terlalu gemuk. Apabila sapi anda terlalu kurus dikhawatirkan pertumbuhan kandungannya tidak akan maksimal. Cara menggemukan sapi kurus bisa anda lihat di sini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 3 cara sederhana supaya induk sapi cepat birahi ala drh. Risa Isna Fahziar. Dengan cara di atas tadi, sapi betina anda akan kembali birahi dalam 46 hari pasca melahirkan, kecuali sapinya mandul/majir. Untuk ciri-ciri sapi mandul akan kami bahas pada kesempatan yang lain. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk laskar ngarit di seluruh tanah air.

Tinggalkan komentar