Mau Untung? Mari Belajar Ternak Kambing Dengan Modal 5 Juta Rupiah

Medanternak – Masalah keterbatasan dana kerap membuat orang mengubur impiannya untuk menjadi seorang pembudidaya kambing yang sukses. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan menguraikan kepada anda caranya agar bisa ternak kambing dengan modal 5 juta rupiah.

Dengan artikel ini kami mencoba membantu teman-teman para pemula yang ingin belajar membangun peternakan kambing, terutama anda yang akan memasuki masa pensiun.

Gambar Ternak Kambing Modal 5 Juta

Ternak Kambing Dengan Modal 5 Juta Rupiah

Apa yang bisa kita peroleh jika menyimpan uang di bank dengan uang sebesar 5 – 10 juta selama 2 tahun? Tentu hanya bunga rekening yang tak seberapa saja, itu pun masih dipotong biaya adm setiap bulannya.

Daripada dananya nganggur di bank, lebih baik dana tersebut dimanfaatkan sebagai modal usaha yang menghasilkan keuntungan.

Lalu usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal hanya 5 juta rupiah? Sebenarnya banyak sih usaha yang bisa dicoba, namun kami menyarankan untuk mencoba bisnis ternak kambing.

Mengapa ternak kambing? Berapa keuntungannya? Berikut ini alasannya:

  • Bibit murah.
  • Tidak rawan penyakit.
  • Kandang sederhana.
  • Pakan mudah dan murah.
  • Gampang dijual.

Bibit Murah

Awalnya sih banyak yang pingin ternak sapi, tapi dengan modal uang 5 juta belum tentu kita bisa mendapatkan seekor sapi. Jadi pilihan jatuh kepada hewan ternak ruminasia yang berukuran sedang yaitu kambing.

Kami menyarankan memelihara jenis kambing Jawa karena lebih mudah diurus dan tahan banting. Kalau mau jenis lainnya ya gak masalah sih, tergantung selera saja.

Dengan dana 5 juta kita bisa mendapatkan 3 sampai 5 ekor kambing Jawa. Kenapa gak coba ayam yang tentunya lebih murah? Memang sih ayam lebih murah tapi kalau dalam jumlah banyak lebih ribet ngurusnya, lebih gampang ngurus kambing yang beberapa ekor saja.

Tidak Rawan Penyakit

Salah satu kendala dalam beternak adalah resiko terkena penyakit. Nah kalau pelihara ayam kemungkinan untuk kena penyakit sangat besar, sebab penyakit ayam ini sangat banyak. Contohnya Snot, SRD, Pullorum, ND, Flu Burung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan kalau ternak kambing paling kena kudis, kutu, dan cacingan yang semuanya mudah ditangani. Yang lebih rawan cuma kembung, itu pun bisa kita minimalisir dengan memberikan rumput dan daun yang telah dilayukan.

Kandang Sederhana

Dalam memelihara kambing tidak diperlukan kandang dan peralatan yang mahal. Dengan menggunakan bahan dan peralatan sederhana saja sudah bisa membuat sebuah kandang kambing. Yang paling penting fungsi utama kandang yang layak ditempati terpenuhi yaitu melindungi hewan ternak dari cuaca panas dan hujan.

Baca juga: Kambing Jawa Randu Pilihan Terbaik Sebagai Induk Persilangan.

Kambing tidak mesti menggunakan kandang panggung, dengan kandang beratap seadanya dan beralaskan tanah juga bisa. Yang penting ada pagar dan atap, lantai tidak tergenang air dan senantiasa dalam keadaan kering sudah cukup baik.

Tidak perlu kadang bagus-bagus, yang penting ternak bisa lancar produksi dengan modal seirit mungkin. Kalau sudah berhasil dan populasinya sudah tambah banyak baru bangun kandang yang cantik juga belum terlambat kawan.

Pakan Mudah & Murah

Seperti yang kita ketahui bersama, makanan utama kambing adalah rumput dan daun-daunan. Pakan mereka sangat mudah untuk diperoleh dan murah, kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengarit rumput. Untuk memenuhi kebutuhan pakan untuk 5 ekor kambing sangatlah gampang, paling cuma perlu ngarit rumput 1 jam saja.

Kalau disekitar lingkungan tersedia banyak bahan pakan, anda bisa mengarit rumput lebih banyak dan disimpan dengan metode silase atau fermentasi. Jadi dengan sekali ngarit kita bisa mencukupi kebutuhan pakan ternak untuk beberapa hari ke depannya.

Kalau kambingnya sudah banyak hingga puluhan atau ratusan ekor, tidak perlu pusing. Silahkan pakai sistem ternak kambing tanpa ngarit yang sudah dijelaskan oleh medanternak, dijamin aman.

Gampang Dijual

Salah satu alasan saya menganjurkan ternak kambing adalah dalam segi pemasarannya. Untuk menjual kambing kami rasa tidaklah sulit, apalagi saat hari raya Idul Adha, dimana kambing merupakan salah satu jenis yang dipakai sebagai hewan kurban. Selain itu, kambing juga diperlukan untuk acara aqiqah, jadi setiap bulan pasti ada yang membutuhkan kambing untuk acara tersebut.

Agar lebih mudah jual kambing, anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook dan instagram. Posting saja kambing yang ingin dijual dengan akun sosial media anda ke grup komunitas jual beli, dalam waktu singkat pembeli akan berdatangan, asal harga cocok pasti cair.

Analisa Usaha Ternak Kambing

Lalu bagaimana analisa usaha ternak kambing dengan modal 5 juta rupiah ini? Apakah bisa untung? Selama semuanya berjalan lancar, dan mudah-mudahan dilancarkan jalan kita oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam waktu 2 tahun setidaknya indukan kambing anda sudah 2 kali melahirkan. Misalnya indukan kambing betina anda 3 ekor, dalam sekali melahirkan memperoleh anak kambing/cempe 1 ekor(minimal), maka dalam 2 tahun/periode akan mendapatkan 6 ekor cempe.

Contoh perhitungan:

  • Harga anakan kambing @1.000.000/ekor.
  • Maka 6 ekor cempe x @1.000.000/ekor = Rp 6.000.000.

Begitulah kira-kira perkiraan keuntungan anda menjual anakannya. Ini tidak termasuk indukannya yang tentu lebih mahal lagi harganya kalau dijual. Selain itu, perhitungan tadi cuma perkiraan kalau lahir 1 ekor cempe per induk, bagaimana kalau ada induk yang melahirkan 2 ekor?? tentu makin banyak keuntungan yang anda peroleh.

Salah satu resiko dalam beternak kambing adalah serangan penyakit, namun jangan khawatir, di https://medanternak.com/kambing/penyakit-kambing/ anda bisa mendapatkan penjelasan mengenai jenis penyakit dan cara mengobatinya hingga sembuh.

Kalau anakan yang periode pertama anda pelihara dan dijadikan indukan. Dalam usia 8 bulan biasanya mereka sudah mulai berproduksi. Makin banyak jumlah indukan anda, maka akan semakin banyak pula cempe yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu kumpulkan kambing betina untuk dijadikan mesin produksi cempe agar keuntungan semakin berlipat ganda.

Pendapatan Sampingan

Oh ya, masih ada pendapatan sampingan dari ternak kambing ini loh sob. Pasalnya kotoran kambing juga memiliki nilai ekonomis.

Kumpulin aja kotoran hewan tersebut ke dalam karung goni, kemudian tawarkan kepada para petani yang membutuhkan pupuk kandang untuk tanamannya. Setidaknya lepaslah biaya buat beli kopi sehari-hari.

Demikianlah sedikit ulasan tentang ternak kambing dengan modal 5 juta rupiah. Bagaimana kalau modal 10 juta? Ya tinggal dikalikan 2 saja sob, yang pasti untung dan cerah prospeknya. Semoga berhasil ya guys.

Tinggalkan komentar