3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemberian Mineral Untuk Kambing

Medanternak – Mineral apakah yang diperlukan oleh kambing? Apakah cukup hanya dengan nutrisi yang terkandung pada pakan hijauan anda? Mineral memainkan peran penting dalam menunjang performa agar kambing bisa tumbuh sempurna. Oleh sebab itu, para peternak jangan lupa memberikan mineral pada ransum pakan jika ingin mendapatkan performa yang optimal.

Hal Penting Dalam Pemberian Mineral Pada Kambing

Hal Penting Dalam Pemberian Mineral Pada Kambing

Meskipun mineral merupakan bagian terkecil dari makanan kambing, namun zat mikro ini dapat banyak membantu fungsi vital dan memengaruhi segalanya, mulai dari reproduksi hingga efisiensi pakan serta kesehatan hewan secara keseluruhan.

Kita sebagai peternak wajib menyediakan pakan berkualitas untuk menunjang performa pertumbuhan kambing di kandang. Berikut tiga hal yang harus diperhatikan dalam pemberian suplemen mineral kambing:

  • Memberikan asupan yang konsisten.
  • Meningkatkan reproduksi kambing.
  • Diformulasikan untuk pakan setiap hari.

Memberikan Asupan Yang Konsisten

Aspek terpenting dari mineral ialah memenugi kebutuhan nutrisi penting yang mungkin tidak terdapat pada rumput hijauan, terutama yang sejenis.

Pemberian tambahan supplement tambahan yang mudah dicerna akan memastikan hewan ternak mendapatkan mineral penting dalam jumlah yang tepat seperti tembaga dan kalsium. Dalam hal ini diperlukan pemberian suplemen tambahan yang diformulasikan untuk dosis rendah contohnya mineral blok.

Kambing harus mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan namun tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Ingat! setiap hal yang berlebihan itu tidak baik, berikanlah supplement mineral tambahan untuk kambing dalam jumlah secukupnya.

Meningkatkan Reproduksi Kambing

Banyak peternak yang tidak menyadari bahwa rumput hijauan kekurangan kandungan mineral esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan reproduksi.

Apabila kambing tidak menerima nutrisi tambahan untuk mengisi kekurangan tersebut, dampaknya akan terlihat pada kinerja reproduksi mereka. Hal ini dapat menyebabkan biaya cost produksi meningkat, tentunya hal ini tidak diinginkan oleh peternak mana pun.

Kebutuhan nutrisi akan meningkat secara signifikan pada saat kambing hamil. Kekurangan mineral dapat berdampak buruk pada induk betina dan anaknya. Pemberian mineral yang tinggi kandungan kalsium dapat membantu meningkatkan nutrisi pakan dan mendukung kesehatan induk beserta kandungannya.

Penyediaan mineral kambing yang berkualitas itu penting, namun jangan melupakan satu bahan lainnya yaitu lemak.

Dikutip dari Purinamills, lemak memberikan energi dan membantu mengoptimalkan kondisi tubuh untuk mendukung reproduksi kambing. Berikanlah pakan berprotein tinggi lemak yang dicampur dengan mineral untuk menyempurnakan kesehatan kambing anda.

Diformulasikan Untuk Pakan Setiap Hari

Kebanyakan peternak hanya memberikan pakan tambahan pada saat ketersediaan hijauan menurun. Mereka kebanyakan tidak menyadari bahwa setiap hari kambing membutuhkan berbagai berbagai mineral. Masalah kekurangan mineral sering diabaikan oleh para peternak karena gejalanya lambat terlihat sehingga dianggap tidak penting.

Cara terbaik untuk meningkatkan reproduksi dan kinerja pertumbuhan kambing adalah dengan menyediakan mineral setiap hari. Kekurangan mineral dalam jangka panjang dapat berdampak buruk pada kualitas hewan ternak yang anda pelihara.

Mineral yang diformulasikan dengan ukuran partikel yang lebih besar dapat membantu mencegah pemborosan karena tertiup angin atau basah oleh air hujan. Anda bisa mendapatkan supplement mineral tambahan melalui toko-toko yang menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana peternakan.

Tinggalkan komentar