Tata Cara Kirim Kambing Ke Pembeli Agar Aman Sampai Tujuan

Medanternak – Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau. Banyak peternak kambing yang membatalkan orderan dari pembeli dari luar pulau karena terkendala dalam hal pengirimannya. Padahal jika sudah tahu tata cara kirim kambing yang baik dan benar itu bukanlah masalah yang berarti. Apalagi sejak tahun 2021 sudah ada jalan tol Trans Sumatra, waktu pengiriman tentu akan lebih singkat.

Gambar Tata Cara Kirim Kambing Ke Pembeli Agar Aman Sampai Tujuan

Cara Kirim Kambing Ke Pembeli Dengan Aman

Kepercayaan anda adalah modal utama usaha peternakan kami. Perlakuan kambing sebelum pengiriman menentukan kelayakan dan juga tingkat kepercayaan pembeli kepada penjualnya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh peternak yang mana menjadi faktor penting untuk menciptakan kepercayaan konsumen.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pengiriman kambing:

  • Proses Seleksi.
  • Kontrol Kesehatan.
  • Alat Trasportasi.
  • Proses Pengiriman.

Proses Seleksi

ada harga, ada rupa

Kualitas kambing yang dijual oleh medanternak.com ialah yang terbaik di kelasnya,

Untuk menjaga kualitas, kami selalu rutin melakukan proses seleksi. Setiap hewan ternak di medanternak farm akan melewati proses penyeleksian yang ketat untuk menentukan tingkat kelayakan budidaya.

Apakah penyeleksian ini penting? sangat penting karena setiap hewan yang dijual akan membawa nama atau brand peternaknya.

Banyak hal yang akan terjadi sebagai dampak dari kualitas hewan yang kita jual ini. Kalau kualitasnya bagus, maka pembeli akan merasa puas dan secara tidak langsung mereka akan turut mempromosikan farm kita kepada teman-teman di lingkungan sekitarnya. Begitu pula selanjutnya jika kualitasnya buruk, maka nama peternakan kita akan menjadi jelek, oleh karena itu kita tidak akan membuat pelanggan kecewa.

Baca juga: Pesona Kambing Boer Ras Unggul Dari Afrika Yang Masih Langka Di Indonesia.

Kontrol Kesehatan

Sebagai breeder profesional, tingkat kesehatan hewan ternak yang dijual adalah prioritas utama medanternak farm.

Kesehatan kambing yang akan dikirim harus dijaga dengan baik. Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, mereka harus dikontrol kesehatannya.

Selain itu, kita juga harus memperhitungkan dan mencatat jumlah pakan dan air yang dibutuhkan selama mereka berada di kandang penampungan sementara.

Selama 3 hari sebelum pengiriman, kesehatan kambing harus dicek dengan seksama. Lebih baik menggunakan jasa tenaga kesehatan hewan dari dinas peternakan setempat.

Nantinya mereka juga yang akan terlibat dalam proses pembuatan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut biasanya dikeluarkan oleh Dinas Peternakan Kabupaten setempat.

Setiap hari mereka akan datang untuk memeriksa kesehatan kambing di kandang. Dalam proses ini, kambing akan diberi suntikan vitamin dosis tinggi yang berguna untuk menambah stamina mereka selama dalam perjalanan.

Apabila diperlukan, konsultasikan kepada dokter hewan tersebut mengenai kesehatan dan obat yang diperlukan selama perjalanan jauh. Berikan penjelasan kepadanya bahwa kambing akan menjalani perjalanan ke daerah tujuan.

Dari merekalah kita bisa mendapatkan informasi mengenai penanganan yang diperlukan saat mengatasi masalah yang kemungkinan bisa terjadi saat di perjalanan nantinya.

Alat Transportasi

Pilihlah alat transportasi yang sesuai dengan jumlah kambing yang diangkut.

Pemilihan supir truk juga sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses pengiriman kambing. Usahkan memilih supir truk yang setidaknya sudah pernah mengirim hewan hidup sebelumnya. Sebab mengangkut makhluk bernyawa berbeda dengan mengirim barang lainnya.

Supir yang berpengalaman biasanya paham mengenai pengaturan ruangan, makanan atau obat-obatan yang harus dibawa, waktu keberangkatan, dokumen yang diperlukan. Bahkan mereka juga sudah tahu dimana dan kapan waktu yang tepat untuk beristirahat selama diperjalanan.

Apabila anda tidak ikut dalam perjalanan tersebut, mintalah seseorang yang bisa dipercaya untuk ikut mengawal perjalanan tersebut. Beri pesan kepadanya agar selalu mengontrol keadaan muatan selama dalam perjalanan.

Proses Pengangkutan

Beberapa jam sebelum proses loading, truk harus telah dipersiapkan. Keadaan truk harus diatur senyaman dan seefisien mungkin, jangan biarkan kambing berdesak-desakan.

Hitunglah secermat mungkin jumlah hewan dengan ukuran bak truk yang digunakan. Kemudian isilah jerami yang cukup ke truk tersebut. Proses memuat kambing ke truk akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Lakukan sedini mungkin untuk menghindari panasnya sinar matahari. .

Demikianlah tata cara kirim kambing yang baik dan benar agar aman sampai ke tangan pembeli. Semoga informasi di atas tadi bisa bermanfaat bagi para pembaca yang berminat untuk membeli kambing dari peternak luar daerah.

Tinggalkan komentar