Pesona Kambing Boer Ras Unggul Dari Afrika Yang Masih Langka Di Indonesia

MedanternakKambing Boer adalah salah satu jenis kambing ras unggulan yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini telah menjadi ternak yang ter-registrasi selama lebih dari 65 tahun. Kata “Boer” artinya petani. Kambing ini merupakan salah satu tipe kambing pedaging di dunia dengan pertumbuhan tercepat.

gambar kambing boer

Ciri-Ciri & Karakter Kambing Boer

Pada umur lima bulan kambing boer dapat mencapai berat 35 Kg – 45 Kg , dengan rata-rata pertambahan berat tubuh antara 0,02 Kg – 0,04 Kg per hari. Kambing ini pertumbuhannya tergantung pada banyaknya susu induknya dan ransum pakan yang diberikan sehari-hari. Apabila diperbandingkan dengan kambing lokal kita, persentase karkas daging kambing ini jauh lebih tinggi dan mencapai 40% – 50% dari berat tubuhnya. Oleh sebab itu Boer ini layak untuk dijadikan materi indukan bagi anda yang memiliki peternakan kambing. Pusat pembiakan kambing boer nasional berada di Malang.

Baca juga: Kambing Kacang Yang Murah Meriah Namun Banyak Diminati Orang.

Ciri-Ciri Kambing Boer

Kambing Boer asli atau full blood dapat dikenali dengan mudah dari ciri-cirinya yang seperti:

  • Berasal dari galur murni perkawinan antara jantan boer x betina boer.
  • Memiliki sertifikat keaslian/catatan silsilah yang jelas.
  • Badannya lebar dan panjang.
  • Dadanya bidang berotot.
  • Berbulu putih dan coklat.
  • Kaki agak pendek.
  • Hidung cembung.
  • Telinga panjang menggantung.
  • Kepala berwarna coklat kemerahan atau coklat muda hingga coklat tua.
  • Kulitnya berwarna coklat yang melindungi dirinya dari kanker kulit akibat sengatan sinar matahari langsung.
  • Kambing ini sangat suka berjemur di siang hari.

Anatomi kambing boer

gambar anatomi kambing boer

Karakteristik Kambing Boer Jantan

Boer jantan bertubuh kokoh dan kuat sekali. Pundaknya luas dan ke belakang dipenuhi dengan pantat yang berotot. Kambing Boer dapat hidup pada suhu lingkungan yang ekstrim, mulai dari suhu sangat dingin (-25oC) hingga sangat panas (43oC) dan mudah beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Tahan terhadap penyakit. Mereka dapat hidup di kawasan semak belukar, lereng gunung yang berbatu atau di padang rumput. Secara alamiah mereka adalah hewan yang suka meramban sehingga lebih menyukai daun-daunan, tanaman semak daripada rumput.

Kambing Boer jantan dapat menjadi hewan yang jinak, terutama jika terus berada di sekitar manusia sejak lahir, meskipun ia akan tumbuh dengan berat badan 120 – 150 kg pada saat dewasa (umur 2-3 tahun). Mereka suka digaruk dan digosok di bagian belakang telinganya, hingga punggung dan sisi perutnya. Mereka dapat mudah ditangani dengan memegang tanduknya. Mereka dapat juga dilatih dituntun dengan tali. Namun, sebaiknya jangan mendorong bagian depan kepalanya karena mereka akan menjadi agresif.

Boer jantan dapat kawin di bulan apa saja sepanjang tahun. Mereka berbau tajam karena hal ini untuk memikat betina. Seekor pejantan dapat aktif kawin pada umur 7-8 bulan, tetapi disarankan agar satu pejantan tidak melayani lebih dari 8 – 10 betina sampai pejantan itu berumur sekitar satu tahun. Boer jantan dewasa (2 – 3 tahun) dapat melayani 30 – 40 betina. Disarankan agar semua pejantan dipisahkan dari betina pada umur 3 bulan agar tidak terjadi perkawinan yang tidak direncanakan. Seekor pejantan dapat mengawini hingga selama 7 – 8 tahun.

Karakteristik Kambing Boer Betina

Boer betina tumbuh seperti jantan, tetapi tampak sangat feminin dengan kepala dan leher ramping. Ia sangat jinak dan pada dasarnya tidak banyak berulah. Ia dapat dikawinkan pada umur 10 – 12 bulan, tergantung besar tubuhnya.

Lama waktu bunting kambing adalah 5 bulan. Ia mampu melahirkan anak-anak tiga kali dalam dua tahun. Betina umur satu tahunan dapat menghasilkan 1 – 2 anak. Setelah beranak pertama, ia biasanya akan beranak kembar dua, tiga, bahkan empat.

Induk betina Boer menghasilkan susu dengan kandungan lemak sangat tinggi yang cukup untuk dikonsumsi anak-anaknya. Ketika anaknya berumur 2½ – 3½ bulan induk mulai kering. Boer betina mempunyai dua hingga empat puting, tetapi kadangkala tidak semuanya menghasilkan susu.

Sebagai ternak yang kawinnya tidak musiman, kambing ini dapat dikawinkan lagi tiga bulan setelah melahirkan. Birahinya dapat dideteksi dari ekor yang bergerak-gerak cepat disebut “flagging”. Boer betina mampu menjadi induk hingga selama 5 – 8 tahun. Betina dewasa (umur 2-3 tahun) akan mempunyai berat 80 – 90 kg. Boer betina maupun jantan keduanya bertanduk.

Panduan Budidaya Kambing Boer

Kandang

Kandang kambing sejatinya berfungsi sebagai tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan. Untuk ukurannya disesuaikan dengan ukuran dan jumlah hewan yang dipelihara, biasanya 1,5 x 1,5 M/ekor.

Baca juga: 15 Penyakit Kambing dan Cara Mengobatinya.

Untuk kambing boer lebih cocok kandangnya langsung beralaskan tanah rata. Hal ini karena jika menggunakan kandang tingkat, dikhawatirkan alas kandang yang memakai kayu tidak sanggup menopang bobot tubuhnya yang bisa mencapai lebih dari 100 kilogram.

Pakan

Dalam usaha penggemukan kambing kuncinya adalah pakan. Makin bagus dan banyak pakan yang dikonsumsi maka akan semakin cepat gemuknya. Kambing boer memerlukan pakan dengan kandungan nutris yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan badannya agar cepat besar.

Campuran pakan untuk kambing ini bisa berupa rumput dan dedaunan. Beberapa jenis hijauan yang disukai kambing pedaging ini yaitu indigofera, kaliandra, rumput odot, king grass, sataria, pakchong, daun singkong, gamal, alfalfa, daun pepaya, dan daun turi.

Harga

Terpantau harga jual kambing boer asli alias full blood pada tahun 2021 ini untuk jantan dewasa yaitu Rp 25.000.000 – Rp 30.000.000 sedangkan betina Rp 20.000.000 – Rp 25.000.000. Harga tersebut tergantung pada kualitas kambing boer tersebut.

Mengapa harga kambing boer kok mahal sekali?

Kambing jenis ini masih cukup langka di pasaran, mereka sangat populer digunakan sebagai kambing pedaging, oleh karena itu kemampuan kambing ini dalam menghasilkan daging tidak perlu diragukan lagi. Seekor kambing boer terbesar di dunia yang kami ketahui seberat 154 Kg.

Cross Boer

Kambing Cross boer adalah hasil persilangan antara Kambing Boer dan kambing lokal (jawarandu, PE, dan kacang). Diharapkan dengan adanya persilangan ini dapat memperbaiki produktivitas ternak kambing di Indonesia baik dari pertumbuhan dan produksi daging.

Jika jantan full blood dikawinkan dengan kambing lokal, baik secara alam atau dengan inseminasi buatan. Hasil persilangannya (F1) yang memiliki 50% genetik Boer sangatlah mengagumkan. Keturunan F1 ini akan membawa kecenderungan genetik yang kuat dari Boer. Besar tubuhnya dan kecepatan pertumbuhannya akan tergantung pada besarnya kambing lokal yang dikawinkan. Umumnya mereka disilangkan dengan jenis jawa randu dan etawa.

Anak hasil persilangan tersebut dapat mencapai berat sekitar 35 Kg – 45 Kg dalam enam sampai delapan bulan, tergantung pakannya. Peningkatan jumlah karkas juga lebih banyak dari yang dihasilkan anak kambing lokal pada umur yang sama. Penting untuk dipahami bahwa pakan protein akan membentuk otot. Penggunaan ampas jagung, tanaman leguminosa dan rumput lokal merupakan sumber protein alami yang sangat bagus.

Pada umur satu minggu, anak kambing sudah bisa disediakan pakan yang sama dengan induknya. Meskipun mereka masih menyusu dari induknya, mereka telah mulai belajar makan hijauan. Vitamin dan mineral juga wajib diberikan secara rutin untuk menunjang pertumbuhan badan.

Bagi yang membutuhkan bibit kambing boer bisa mendapatkannya melalui medanternak.com. Kami menjual kambing cross boer berkualitas super dengan harga terbaik untuk wilayah Medan(Sumatera Utara) dan Aceh. Silahkan hubungi kontak kami yang tertera di website ini, terima kasih.

One Reply to “Pesona Kambing Boer Ras Unggul Dari Afrika Yang Masih…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *