Domba Texel Kelas Premium Dari Belanda Seharganya Rp 7,2 miliar

Medanternak – Double Diamond merupakan seekor anak domba yang berhasil memecahkan rekor dengan harga Rp 7,2 miliar pada sebuah pelelangan di Skotlandia. Pada pelelangan tersebut domba berjenis Texel ini diincar oleh 8 orang yang tertarik dengan penampilannya yang sangat berotot dan sempurna secara genetik. Perlu diketahui, Domba Texel adalah jenis domba yang berasal dari pulau Texel, yaitu pulau terbesar yang terletak di lepas pantai utara Belanda.

Domba Texel Double Diamond

Domba Texel Pencetak Bibit Unggul Penggemukan

Asal muasal domba ini tidak diketahui secara pasti, kebanyakan orang menganggap mereka sebagai hasil persilangan dari beberapa ras domba Inggris. Trah ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Texelaar, Texelse, Improved Texel dan Verbeterde Texelse.

Domba Texel termasuk sebagai jenis domba pedaging. Mereka sangat cocok digunakan sebagai bibit penggemukan  untuk produksi daging. Domba ini relatif tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Penampilan fisik domba dari negara kincir angin ini sangat berotot, dan mampu menghasilkan daging tanpa lemak. Domba Texel dikembangbiakkan oleh Belanda sebagai hewan ternak khusus penghasil daging berkualitas premium. Domba pedaging ini juga sangat populer di Australia, Eropa, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Uruguay.

Dikutip dari Roysfarms, domba ras ini masuk pertama kali ke Amerika Serikat pada tahun 1985, oleh Pusat Penelitian Hewan Daging di Clay Center, Nebraska. Inggris juga memasukkan domba ini pada awal 1970-an. Domba-domba pilihan dari Finlandia dan Denmark juga dikirim ke Australia dan Selandia Baru.

Walaupun tampilan fisiknya berotot, ternyata domba ini cukup lincah dan mampu bergerak bebas. Selain itu, perawatan mereka juga gampang sehingga mudah untuk dibudidayakan.

Ciri – Ciri

Domba kompeni ini berukuran sedang hingga besar. Muka mereka berwarna putih, tidak memiliki bulu di kepala dan kakinya.

Domba dari negara yang terkenal dengan bunga tulipnya ini mudah dikenali dari ciri khas tinggi badannya yang rendah, berwajah lebar dengan hidung hitam dan telinga pendek. Kukunya berwarna hitam. Seekor domba dewasa memiliki bulu seberat 3,5 kg hingga 5,5 kg. Bulu domba ini berkualitas sedang tanpa serat hitam.

Perbedaan Texel dan Merino

Perbedaan domba texel dan merino bisa dilihat dari bulunya. Texel berbulu lebat, kasar namun tidak ada bulu di bagian kepalanya, sedangkan Merino memiliki bulu yang lebat dan halus hampir disekujur tubuh, bahkan sampai menutupi area muka.

Harga jual bibit domba texel pada salah satu situs e-commerce terpantau berkisar antara Rp 1,5 – 2 juta per ekor.

Tinggalkan komentar