2 Jenis Pakan Burung Kenari Agar Bisa Cepat Gacor

Medanternak – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa makanan utama burung kenari adalah biji-bijian. Namun tidak semua jenis bijian bisa dikonsumsi oleh mereka loh, contohnya biji kacang tanah dan kacang hijau. Lalu apa saja jenis pakan yang cocok untuk makanan mereka? Simak penjelasan tentang pakan burung kenari yang bagus agar bisa cepat gacor.

pakan kenari yang bagus

Pakan Burung Kenari Agar Bisa Cepat Gacor

Beberapa kenarimania yang doyan bawa burung ke lapangan memiliki menu makanan tersendiri untuk burung kesayangannya. Lantas apa saja yang diberikan pada burung kenari kesayangannya? Pakan burung kenari terbagi atas 2 jenis yaitu:

  1. Pakan utama.
  2. Pakan tambahan.

Baca juga: 25 Jenis Burung Kenari Yang Bagus dan Memiliki Suara Keras.

Pakan Utama

Pakan utama burung kenari ini terdiri dari beraneka ragam jenis biji-bijian seperti:

  • Cannary seed.
  • Millet.
  • Jewawut.
  • Biji Sawi.
  • Biji Selada.
  • Biji Lobak.
  • Lin Seed.
  • Haver Seed.
  • Niger Seed.
  • Fumayin.

Semakin banyak jenis bijian dicampurkan, maka semakin baik dan banyak manfaatnya yang akan diperoleh burung kesayangan anda. Untuk penjelasan manfaat masing-masing bijian tersebut silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Canary Seed

Gambar Canary Seed

Canary seed (Kanarium Memmum) atau biji kenari, besarnya kurang lebih sebesar beras, bentuknya gepeng dan ujung-ujungnya agak runcing. Kulitnya licin dan keras tetapi mudah sekali terlepas. Kualitas yang terbaik adalah yang sudah tua, kering, bersih, tidak berbau dan berwarna kuning muda mengkilat. Bagian yang lunak dan berwarna putih adalah biji yang masih muda dan tidak baik untuk burung. Rasanya enak dan gurih karena itu burung sangat menggemarinya.

Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang. Selain rasanya enak khasiatnya juga besar, kulitnya mudah dikupas dan mudah dicerna, dapat menyegarkan tubuh, menambah spirit burung yg lemah dan memperbaiki suara (terutama untuk burung yg bersuara serak dan malas). Terlalu banyak memakan biji ini dapat menyebabkan kegemukan.

Millet

Gambar Millet

Millet (Gierst/Panicum Miliaceum) : Warnanya ada yang putih dan coklat. Kandungannya adalah protein 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%. Baik diberikan untuk burung yang kurus dan kurang sehat karena biji bagus untuk proses penggemukan kenari.

Jewawut

Gambar Jewawut

Jewawut (Panikum Viride) atau kunyit atau Otek. Khasiatnya tidak diragukan lagi karena zat yang terkandung didalamnya hampir sama dengan beras dan jagung. Bahkan dapat pula dikatakan sebagai “Havernya Indonesia” Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% hidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung terutama pada saat bertelur. Kulitnya sangat keras, maka kenari muda akan kesulitan untuk memakannya (bisa diberikan dengan cara ditumbuk untuk melepas kulitnya) tetapi untuk kenari dewasa, kulit keras diperlukan untuk menumpulkan paruhnya yang terlalu runcing.

Biji Sawi

Gambar Biji Sawi

Biji Sawi (Brassica Rugosa) yaitu biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, bentuknya bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tipis dan agak sulit dikupas. rasanya agak pahit. Khasiat biji ini ialah banyak mengandung Vit A.

Biji Selada

Gambar Biji Selada

Lactuca Satipa atau biji selada warnanya hitam, bentuknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat memengaruhi pigment warna bulu menjadi kehijauan, oleh karena itu sangat baik untuk kenari yang berbulu hijau.

Biji Lobak

Gambar Biji Lobak

Raphanus Satipas atau biji lobak warnanya merah coklat, kulitnya tipis dan mudah dikupas. Rasanya pahit, pedas dan mengandung banyak minyak. Burung kenari sangat menyukai biji ini. Karena sifat biji lobak mudah dicerna, jadi sangat baik sekali untuk kenari yagn sedang meloloh anak dan sebagai makanan kenari berusia muda.

Lin Seed

Gambar Lin Seed

Lin seed/ lijnsaad (Linim Usitatissimum) mengandung 21,9% protein, 34,6% lemak dan 24,6% hidrat arang. Karena kandungan lemaknya cukup tinggi, linseed cocok diberikan pada saat musim hujan atau dimana suhu udara sangat dingin. Jangan memberikan biji ini setiap hari karena akan menyebabkan kenari kegemukan.

Haver Seed

Gambar Haver Seed

Haver seed (Avena Sativa) yaitu tumbuhan semacam jewawut. Karena kulitnya yang agak keras baik untuk menumpulkan ujung paruh kenari yang terlalu runcing. Apabila ditumbuk akan mudah dicerna oleh kenari dan merupakan obat sakit perut alami yang baik untuk pencernaan mereka. Kandungan haver yaitu 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang.

Niger Seed

Gambar Niger Seed

Niger seed merupakan bijian berwarna hitam, rapuh dan mudah patah. Biji ini memiliki khasiat untuk menghangatkan badan jadi sangat cocok diberikan saat musim hujan. Niger seed juga disukai indukan yang sedang meloloh anakan. Bijian ini mengandung banyak lemak yang diperlukan untuk memelihara kesehatan kenari sekaligus membuat daya tahannya lebih kuat.

Fumayin

Gambar Fumayin atau Hemp Seed

Fumayin/hempseed (Cannabis Sativa) termasuk dalam keluarga ganja karena mengandung candu. Bentuknya seperti merica hanya kulitnya keras dan licin. Karena kulitnya keras, sebagian kenari tidak mampu mengupasnya, oleh sebab  itu perlu dipecahkan dahulu sebelum diberikan untuk kenari (pada kenari besar seperti yorkshire dapat memecahkannya sendiri). Rasanya enak dan gurih serta mengandung banyak lemak makanya kenari cepat gemuk apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Baik diberikan untuk membangkitkan birahi kenari (untuk ternak maupun untuk lomba) karena mengandung doping.

Pakan Tambahan

Setelah ngobrol dengan para senior pembudidaya burung kenari senior, kami mendapatkan beberapa referensi pakan tambahan yang sangat bagus untuk burung kenari yaitu:

  • Bijian Rebus (Boiled Seed).
  • Biji Berkecambah (Sprouted Seed).
  • Buah-Buahan.
  • Sayur-Sayuran.
  • Eggfood

Pakan di atas juga dipercaya dapat meningkatkan performa burung kenari anda di lapangan saat mengikuti kontes.

Bijian Rebus (Boiled Seed)

Gambar Bijian Rebus (Boiled Seed)

Biji rebus sebenarnya sama dengan canary food seed juga, namun direbus dahulu sebelum diberikan kepada burung. Makanan ini bertujuannya untuk memudahkan kenari dalam mencerna makanannya. Biji rebus ini sangat bermanfaat untuk indukan yang sedang meloloh anak-anaknya. Sebab biji yang telah direbus memiliki daging yang lunak, sehingga mudah dicerna oleh induk dan anak-anaknya.

Pakan ini juga disukai burung kenari berusia muda, karena lunak dan mudah dicerna. Pakan ini dipercaya mampu mempercepat proses pertumbuhan anak burung kenari.

Biji Berkecambah (Sprouted Seed)

Gambar Biji Berkecambah (Sprouted Seed)

Biji berkecambah adalah pakan bijian yang sebelumnya direndam dalam air bersih, lalu dibilas, dan dibiarkan selama 24 – 72 jam. Setelah tumbuh tunas atau kecambah, pakan bisa langsung diberikan kepada kenari.

Biji berkecambah memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada pakan biji-bijian kering yang umum diberikan kepada burung kenari.

Pakan bijian memang memiliki kandungan yang bisa diterima oleh burung. Tetapi proses perkecambahan akan mengaktifkan prekursor vitamin, sehingga mengubah biji kering menjadi bentuk sayuran yang lebih bergizi.

Perlu diingat, pemberian biji berkecambah yang baik adalah ketika tangkai tunas masih pendek. Saat itulah biji memiliki kandungan vitamin, protein, dan mineral yang optimal.

Buah-Buahan

Gambar Kenari Makan Buah

Burung kenari sangat menyukai buah-buahan. Salah satu jenis buah yang menjadi menu favoritnya adalah buah apel.

Buah apel memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kenari. Cara memberikannya pun sangat mudah, iris tipis sebagian buah apel tersebut lalu gantung didalam sangkar. Oh iya, mereka lebih menyukai buah dengan rasa yang manis, contohnya apel merah dan buah pir.

Sayur-Sayuran

Gambar Kenari Makan Sayur

Selain buahan, burung kenari juga doyan sayuran juga loh. Beberapa sayur-sayuran yang mereka gemari adalah sawi, selada, timun, wortel, gambas, daun  mengkudu muda, daun ginseng, daun kemangi, daun dandelion, daun krokot dan lain sebagainya.

Sawi dipercaya dapat membantu pencernaan burung kenari. Daun ginseng bermanfaat untuk menjaga stamina burung kenari agar tetap fit. Daun mengkudu muda, daun krokot, dan daun dandelion disinyalir dapat membuat suara kenari lebih gacor dan lantang saat digantang di lapangan. Senyawa yang terkandung pada daun mengkudu kabarnya juga mampu menyembuhkan suara serak pada tenggorokan kenari.

Eggfood

Gambar Eggfood

Eggfood adalah pakan tambahan yang terbuat dari bahan berprotein tinggi yang sangat disukai oleh burung kenari. Di luar negri eggfood yang dipakai ada berbagai merk, yang paling terkenal adalah Cede. Umumnya eggfood terbuat dari adonan telur yang dipanggang lalu dihaluskan hingga berbentuk remahan roti, sedangkan eggfood di Indonesia berupa telur puyuh rebus dan kroto.

Bukan rahasia lagi, telur puyuh rebus merupakan menu wajib bagi burung kenari lapangan. Kandungan nutrisi dan protein yang tinggi dari telur puyuh sangat bagus untuk menjaga stamina burung kenari. Dengan stamina yang bagus tentu kenari akan semakin gacor.

Tidak hanya burung fighter seperti kacer dan murai saja yang perlu diberi pakan kroto, kenari juga bisa diberikan kroto sebagai pakan tambahannya. Kroto atau telur semut rangrang memiliki kandungan protein yang tinggi, dan dipercaya sangat bagus untuk meningkatkan performa burung di lapangan.

Pakan tambahan di atas tidak perlu diberikan setiap hari, cukup dua kali seminggu, karena hanya sebagai cemilan saja.

Tips: Agar hasilnya lebih memuaskan, bijian sebagai pakan utama yang akan diberikan pada burung kenari bisa direbus terlebih dulu atau dicampurkan dengan minyak ikan. Untuk pemberian eggfood, sayur dan buah bisa diganti selang seling setiap harinya.

Demikianlah penjelasan tentang berbagai ragam pakan burung kenari agar bisa tetap gacor dan ngerol panjang. Pakan tersebut sebenarnya sudah lazim diberikan oleh para kenari mania di Eropa, Afrika Utara, Amerika, Australia, dan beberapa negara di Asia.Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk para penghobi kenari di Indonesia.

 

Tinggalkan komentar