7 Manfaat Makan Telur Ayam Kampung Asli Yang Wajib Anda Ketahui

Medanternak – Masyarakat Indonesia sudah biasa mengonsumsi ayam dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya yang dibeli adalah telur ayam eropa yang lebih murah dari ayam kampung. Namun tahukah kalian bahwa banyak manfaat telur ayam kampung yang sangat menguntungkan untuk tubuh loh.

Gambar Telur Ayam Kampung

7 Manfaat Telur Ayam Kampung Asli

Berikut ini 7 manfaat telur ayam kampung asli yang kami kutip dari sehatq:

  1. Mengandung nutrisi seimbang.
  2. Mendukung kesehatan otak.
  3. Menjaga kesehatan mata.
  4. Menjaga kolesterol.
  5. Menjaga kesehatan jantung.
  6. Memperkuat tulang dan gigi.
  7. Mendukung kesehatan hati.

Mengandung Nutrisi Seimbang

Manfaat telur ayam kampung mampu memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dan vitamin untuk tubuh. Telur ayam kampung mungkin memiliki kelengkapan nutrisi melebihi jenis telur atau makanan lain.

Jika Anda sedang dalam program diet, telur ayam kampung bisa menjadi pilihan. Pasalnya, telur jenis ini dikenal tinggi protein yang membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, protein tersebut juga sangat berguna untuk meningkatkan massa otot sehingga menjadikan badan terjaga dan tetap profesional.

Mendukung Kesehatan Otak

Telur ayam kampung mengandung makronutrien seperti kolin yang berperan untuk mendukung kesehatan otak. Kolin bertugas untuk membangun selaput sel yang mengirimkan pesan ke otak.

Manfaat kolin adalah untuk meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan mengatasi masalah depresi. Kolin juga berperan untuk menghasilkan asetilkolin, yaitu zat pengantar neurotransmitter untuk menjaga fungsi otak, sistem saraf, kontrol otak, suasana hati, meningkatkan ingatan, dan fungsi penting otak lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk membantu menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin dibutuhkan sebagai antioksidan aktif yang hidup di sekitar retina.

Lutein dan zeaxanthin termasuk dalam jenis karotenoid untuk membantu mata melakukan filter spektrum ultraviolet dan sinar biru berenergi tinggi. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung dua per tiga lebih banyak vitamin A dari telur ayam negeri yang juga berperan untuk mendukung kesehatan mata.

Menjaga Kolesterol

Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi, telur ayam kampung mungkin bisa menjadi alternatif pilihan makanan Anda. Rata-rata ayam negeri memiliki sekitar 423 miligram kolesterol per butir, sementara telur ayam kampung hanya mengandung sekitar 277 miligram kolesterol per butir. Sekedar info, bagi yang di Medan dan ingin membeli telur ayam kampung asli bisa menghubungi medanternak.com.

Menjaga Kesehatan Jantung

Telur ayam kampung mengandung asam lemak omega-3 yang dua kali lipat lebih banyak dari jenis telur biasa. Manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung dimana kandungan ini membantu mengatur trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tingginya kadar kolesterol jahat akan memicu penyakit jantung. Kolesterol jahat menimbun lemak di pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Dalam kondisi yang lebih parah, endapan lemak akan pecah dan membentuk gumpalan pemicu serangan jantung dan stroke.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Berdasarkan penelitian di tahun 2009, telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D sekitar 3-6 kali lebih tinggi dari pada telur ayam negeri biasa.

Vitamin D adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Manfaat vitamin D adalah untuk mengatur kalsium dan menjaga kadar fosfor di dalam darah yang merupakan faktor esensial dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D juga berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mengatur kadar insulin, dan menjaga kesehatan kulit.

Mendukung Kesehatan Hati

Kolin adalah senyawa organik yang larut dalam air dan bukan termasuk vitamin atau mineral, melainkan makronutrien. Makronutrien kolin di dalam telur ayam kampung juga berperan untuk mendukung kesehatan liver.

Kolin berperan untuk membuang kolesterol dari liver. Kekurangan kadar kolin dalam tubuh bisa menumpuk lemak dan kolesterol, serta memicu penyakit hati berlemak. Jadi, manfaat telur ayam kampung sangat baik untuk kesehatan liver.

Tinggalkan komentar