Tips Sukses Cara Budidaya Ternak Ayam Broiler Dengan Mudah

Medanternak – Apakah anda tahu bagaimana cara budidaya ternak ayam potong yang baik dan benar? Jika belum, silakan saja simak ulasan berikut ini. Ayam broiler adalah salah satu jenis ayam yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Jenis ayam yang satu ini banyak dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Untuk cara pembudidayaannya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut ini akan dibagikan cara ternak ayam broiler. Jika anda ingin mencoba membudidayakan ayam jenis ini, pastikan untuk membaca uraian berikut ini secara lengkap.

Gambar Ternak Ayam Broiler

Cara Ternak Ayam Potong (Broiler)

Membahas mengenai cara budidaya ternak ayam broiler memang sangat menyenangkan. Terutama bagi orang yang sedang bersemangat untuk membudidayakan ayam pedaging yang satu ini.

Semakin hari permintaan daging ayam memang semakin meningkat, harga jualnya juga cukup tinggi. Hal ini yang menjadi alasan kenapa kalian harus menekuni budidaya ayam broiler dengan teknik yang tepat.

Jika mampu membudidayakannya dengan baik dan benar, keuntungan yang akan diperoleh tentu tidak sedikit.

Banyak peternak ayam broiler yang mengaku kesulitan dalam menjaga kestabilan pendapatan atau keuntungan. Hal ini memang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang akhirnya membuat usaha ternak ayam broiler berhenti.

Kejadian tersebut tidak akan terjadi jika anda tahu bagaimana cara beternak ayam broiler yang baik dan benar.

Berikut ini ada beberapa tips sukses dalam berbudi daya ternak ayam broiler:

Kandang Ayam

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara budidaya ternak ayam yaitu pembuatan kandangnya. Tempat yang harus anda buat untuk tempat tinggal ayam pedaging ini yaitu kandang yang nyaman dan baik untuk kesehatan ayamnya.

Yang mana kandang tersebut harus memiliki ventilasi yang baik dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Untuk lantainya sebaiknya dibuat miring untuk mempermudah dalam pembersihannya.

Baca juga: Cara Pemeliharaan Ternak Ayam Kampung Sebagai Pendapatan Sampingan Yang Menguntungkan.

Selain itu juga untuk mencegah adanya genangan air di dalam kandang. Pembuatan kandang ayam broiler harus dari bahan yang kokoh dan kuat agar kandang dapat digunakan dalam jangka panjang atau tidak mudah rusak.

Jangan lupa juga untuk melengkapi kandang dengan tempat pakan ayam serta tempat minum. Selain itu anda juga harus menyediakan penghangat sebagai salah satu kunci sukses dalam cara budidaya ternak ayam broiler.

Dimana ayam broiler sangat sensitif terhadap udara yang dingin dan berisiko mengalami kematian akibat kedinginan. Oleh sebab itu, anda membutuhkan pemanas atau penghangat agar ayam broiler tidak mati ketika udara sedang dingin.

Bibit (DOC)

Untuk yang ingin menjalankan peternakan ayam, harus tahu cara budidaya ayam pedaging ini dengan baik dan benar. Dalam menjalankan usaha ini, salah satu kunci kesuksesan ternak ayam ini adalah pemilihan bibit unggul.

Pilihlah bibit yang berkualitas dengan memperhatikan ciri fisiknya. Bibit yang berkualitas tentu saja dapat dilihat dari fisiknya yang tampak sehat, tidak cacat dan memiliki bulu yang cukup lebat.

Setelah anda memilih bibit unggul, dukung dengan cara budidaya ternak ayam broiler demi mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Pakan Ayam

Pada budidaya ayam broiler, anda harus memberikan pakan yang tepat. Pakan ayam broiler yang diberikan harus mengandung gizi yang tinggi. Pemberiannya juga harus diberikan secara teratur yaitu di pagi dan sore hari.

Jangan lupa juga untuk memberikan vaksinasi pada ayam broiler agar memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Dengan daya tahan tubuhnya yang tinggi, ayam broiler yang anda pelihara tidak akan mudah terserang penyakit.

Itulah hal-hal penting yang harus anda perhatikan dalam beternak ayam broiler. Jika anda ingin bisnis yang dijalani ini sukses, perhatikan 3 hal tersebut sesuai dengan tips yang sudah disampaikan.

Jangan lupa selalu update harga ayam broiler terbaru di sekitar anda atau dengan mencari sumber lain misalnya di internet dengan kata kunci harga ayam broiler hari ini. Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai cara ternak ayam broiler, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar