Telah Hadir JANAKA Si Ayam KUB-2 Inovasi Terbaru Balitbangtan

Medanternak – Setelah sebelumnya kita mengenal ayam KUB-1, kini telah muncul Ayam KUB 2 yang merupakan hasil karya terbaru Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) yang disebut dengan nama JANAKA. Ayam KUB Generasi 2 ini memiliki berbagai keunggulan di atas ayam kampung pada umumnya, oleh karena itu sangat cocok sebagai sumber penghasilan masyarakat di Indonesia.

JANAKA Ayam KUB-2 Si Petelur Unggulan Indonesia

JANAKA Ayam KUB-2 Si Petelur Unggulan Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ayam Kampung Unggul Balitbangtan atau yang sudah dikenal masyarakat umum sebagai ayam KUB terus mengalami perbaikan performa melalui seleksi genetik yang dilakukan oleh para peneliti dari Kementerian Pertanian.

Sebelumnya ayam KUB-1 telah populer sebagai ayam yang lebih produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun mampu bertelur 160 hingga 180 butir, produksi telur Hen Day sekitar 50 persen, umur pertama bertelur 22 hingga 24 minggu dan sifat mengeram 10 persen, tidak ada pop KUB kaki kuning. Pada umur 10 minggu bobot jantan 0,9 kg sedangkan betina 0,7 kg dan umur ayam potong hanya 70 hari.

Pada dasarnya performa ayam KUB generasi pertama sudah jauh lebih baik dari pada ayam kampung pada umumnya. Tentu merupakan hal yang baik jika ayam yang sudah bagus tersebut terus ditingkatkan kualitasnya. Dengan harapan Generasi kedua ini mampu memiliki produktifitas telur lebih tinggi, pertumbuhan badan cepat, konversi pakan yang lebih rendah, tingkat mortalitas lebih kecil dengan keseragaman yang tinggi.

Namun menurut Dr.Ir Tike Sartika, M.Si, Peneliti Puslitbangnak “Ayam KUB generasi pertama yang dijadikan ayam kampung pedaging memiliki dominan warna bulu hitam sehingga warna karkasnya agak berwarna gelap seperti memar sehingga kurang disukai konsumen. Jadi untuk menghilangkan warna kulit yang agak kehitaman perlu dibangun galur KUB kaki kuning dengan asumsi warna kulit kaki berkorelasi positif dengan warna kulit karkas”.

Keunggulan AYAM KUB 2

Dengan berbagai alasan di atas tadi, dibangunlah galur KUB yang telah memiliki perbaikan performa yang selanjutnya disebut dengan KUB 2 atau JANAKA.

Berikut di bawah ini kelebihan KUB 2:

  • Produksi Telur Hen Day meningkat menjadi 70-75%.
  • Mampu mengasilkan 200 butir telur per tahun.
  • Sifat mengeram hanya 5%.
  • Masa bertelur yang lebih cepat yaitu diumur 20-21 minggu.
  • Memiliki 2 varian yang bisa dipilih yakni pop seleksi kaki kuning dan pop tanpa seleksi kaki kuning.
  • Umur panen ayam pedagingnya 60 hari(2 bulan) dengan berat 1 – 1,2 Kg.

Manajemen Pemeliharaan

Pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam sebuah peternakan. Dalam usaha budidaya ayam KUB-2 ini biasanya peternak menggunakan 2 jenis pakan yaitu:

  • Pakan Komersial/Pabrikan (Voer).
  • Pakan Campuran/Alternatif(Maggot, Azolla, dll).

Penggunaan pakan tergantung dengan sistem yang digunakan. Sistem Intensif biasanya menggunakan pakan pabrikan yang berupa voer tanpa campuran apapun. Apabila sistem Semi Intensif bisa menggunakan pakan campuran antara voer, dedak, jagung, maggot/azolla. Sedangkan kalau yang ekstensif hanya memberikan pakan ala kadarnya atau diumbar, dimana ayam akan mencari makanannya sendiri di halaman kebun.

Selain pakan, masalah biosekuriti dan vaksinasi juga patut diperhatikan. Hal ini berguna dalam mengurangi tingkat kematian dan meningkatkan tingkat produktifitas ayam.

Analisis Usaha Pembesaran Ayam KUB 2

Berikut adalah analisa sederhana budidaya ayam KUB 2:

Analisis Usaha Pembesaran Ayam KUB 2

Untuk harga jual DOC ayam KUB 2 Rp 700.000/box. Namun untuk saat ini masih belum beredar secara resmi di pasaran karena masih dalam tahap pengembangan untuk mempercepat penyebarannya ke seluruh penjuru nusantara. Kami sangat berantusias menunggu kabar dilaunchingnya KUB-2 di masyarakat. Dengan performa yang lebih bagus ini maka diharapkan para peternak ayam akan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan pula.

2 pemikiran pada “Telah Hadir JANAKA Si Ayam KUB-2 Inovasi Terbaru Balitbangtan”

Tinggalkan komentar