Jenis Baru!! Ayam Kampung Yudistira Karya Peternak Lokal

Medanternak – Setelah sebelumnya heboh dengan ayam KUB, kini kancah perunggasan Indonesia kembali hadir strain baru dengan nama Ayam Kampung Yudistira(AKY). Nah ayam AKY adalah ayam unggulan hasil persilangan yang dilakukan oleh yudistira farm. Jenis yang satu ini sedang naik daun dan dicari oleh para peternak di seluruh nusantara saat ini. Penyebab ayam hasil persilangan inovasi peternak Bogor ini banyak diminati karena memiliki berbagai keunggulan yang diinginkan oleh para peternak. Bagaimana asal usul ayam ini dan apa saja keunggulannya ? Semuanya akan kita jawab di sini.

Ayam Kampung Unggulan Yudistira Farm

Ayam Kampung Unggulan Yudistira Farm

Asal usul Ayam Kampung Yudistira(AKY) ini berasal dari persilangan 6 ras ayam yang hingga kini masih menjadi rahasia dapur sang penemu. Setiap keturunan hasil dari persilangan 6 jenis ayam itu dibesarkan hingga dewasa dan dikembangbiakkan kembali. Persilangan-persilangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan jenis ayam yang memiliki perkembangan sempurna dan membawa keunggulan dari gen leluhurnya.

Sebelum hadirnya Ayam Kampung Yudistira, banyak juga peternak yang melakukan percobaan. Namun kebanyakan mengalami kegagalan dan memutuskan berhenti di tengah jalan dengan bermacam-macam kendala yang dihadapi dalam bereksperimen.

Baca juga: Cara Ternak Ayam KUB.

Proses persilangan ayam cukup panjang dan menghabiskan banyak waktu serta biaya besar. Menurut info yang kami dapatkan dari sang penemu, eksperimen AKY ini telah menghabiskan biaya sekitar Rp 500 juta. Namun perjuangan dan usaha dalam menemukan ayam unggulan ini membuahkan hasil berkat tangan dingin bang Erlan sang pemilik yudistira farm.

Keunggulan Ayam AKY

Keunggulan yang dimiliki oleh Ayam Kampung Yudistira(AKY) ini yaitu:

  • Memiliki corak warna bulu yang beraneka ragam.
  • Usia panen sebagai ayam pedaging yang singkat.
  • Persentase bertelur sangat tinggi.
  • Menghabiskan biaya pakan kecil.

Warna Bulu

Ayam AKY memiliki warna bulu yang bermacam-macam, ada merah, hitam, kelabu, dan putih. Ada sebagian pedagang pada wilayah tertentu yang tidak menyukai ayam dengan warna bulu yang solid. Sebagian orang berpendapat bahwa itu hanyalah trik agen untuk menjatuhkan harga ayam dari peternak.

Usia Panen

Ayam AKY memiliki keunggulan pada masa pembesaran yang cukup singkat. Umumnya agar bisa mencapai size ayam potong dengan ukuran berat 1 – 1,3 Kg/ekor, ayam kampung memerlukan waktu pemeliharaan lebih dari 3 bulan. Sedangkan ayam AKY hanya membutuhkan waktu sekitar 50 – 55 hari saja untuk mencapai berat tersebut.

Persentase Bertelur

Selain cepat besar, ayam AKY juga unggul dalam bertelur. Persentase bertelur ayam ini cukup tinggi yaitu bisa mencapai 290 butir/tahun atau sekitar 80%. Sedangkan ayam kampung hanya bisa mencapai sekitar 150 butir saja pertahunnya. Hal ini bisa terjadi karena naluri mengeramnya yang sangat rendah, oleh sebab itu peternak yang ingin menetaskan telur ayam ini wajib menggunakan mesin penetas.

Secara kasat mata penampilan telur ayam AKY sama seperti ayam kampung pada umumnya yang berwarna putih dan krem. Namun ukuran telur ayam AKY tergolong cukup berat yaitu 38 – 55 gram/butir. Untuk kualitas telur ayam ini tergantung dari pakan dan perawatannya.

Konsumsi Pakan

Ayam AKY cukup hemat pakan, namun bukan berarti mereka tidak perlu makan ya.  Ayam ini hanya membutuhkan ransum 85 gram/hari. Seekor ayam AKY hanya menghabiskan pakan sekitar 2 Kg dari DOC hingga bisa dipanen dengan ukuran berat 1 – 1,3 Kg.

Harga ayam yudistira calon indukan yang berumur 2 bulan dijual pada Rp 45.000/ekor, sedangkan untuk harga doc bibit ayam yudistira dilepas mulai Rp 1.500.000/box. Anda bisa memperoleh Ayam Kampung Yudistira(AKY) melalui medanternak.

Demikianlah pembahasan mengenai ayam kampung Yudistira(AKY) ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih.

Tinggalkan komentar